French Empire Mantel Clock adalah jenis jam yang umumnya disimpan di atas perapian dan diproduksi di Perancis selama masa Kekaisaran Napoleon antara tahun 1804-1814/15an.

Penggunaan emas-perunggu untuk membuat barang-barang mewah dapat dikatakan telah mencapai puncaknya pada awal abad ke-19 di Perancis. Media ini tidak baru, karena telah dinikmati di Eropa sejak masa pemerintahan Louis XIV. Salah satu alasan untuk keberhasilan ini adalah kualitas teknis yang melekat di perunggu. Lebih murah daripada emas dan perak, itu adalah bahan yang baik untuk cetakan serta penyepuhan dengan merkuri. Untuk alasan ini, menjadi bahan favorit untuk jam, lilin dan perabotan ornamen. Berkat keterampilan perunggu yang luar biasa, kolektor berburu benda-benda seni ini.

Meskipun selama tahun 1790an produksi emas-perunggu meningkat tajam, akhirnya sekitar tahun 1830 masa ini berakhir juga. Hal ini disebabkan oleh banyak generasi pengrajin dan buruh yang meninggal dunia, mereka menghirup asap merkuri berbahaya selama proses penyepuhan. Masker yang digunakan kala itu tidak dapat mengatasinya.

Untuk gaya dan desain French Empire Mantel Clock sendiri terinspirasi dari cerita-cerita dewa-dewi, pahlawan sastra klasik, tokoh-tokoh sejarah dan lainnya, oleh karena itu disebut juga jam figural atau jam patung.

(Sumber: Wikipedia)

Oldchimes

Ini merupakan beberapa French Empire Mantel Clock yang tersedia di Oldchimes dan dapat Anda miliki:

 

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus