Siapakah HAC?

Paul Landenberger memulai kariernya sebagai karyawan di pabrik jam Junghans di Schramberg, Black Forest, Jerman, pada tahun 1869. Karier Paul Landenberger bisa dikatakan sukses, meniti karier dari hanya karyawan biasa hingga dapat menjadi eksekutif dan kemudian menikah dengan Frida Junghans, yang merupakan putri pendiri perusahaan Erhard Junghans, pada tahun 1872. Paul Landenberger kemudian menuntut posisinya di jajaran dewan direksi Junghans. Keluarga Junghans menolak tuntutan tersebut dan Paul Landenberger meninggalkan perusahaan dalam kemarahan, ini menjadi awal yang panjang dari “perseteruan keluarga”.

Pada tahun 1875, Paul Landenberger bersama-sama dengan rekannya Philipp Lang, mendirikan perusahaan jam Landenberger & Lang. Meskipun Paul Landenberger telah menerapkan beberapa pengetahuan yang didapatkan selama berkarier di perusahaan Junghans, perusahaan jam Landenberger & Lang bangkrut pada sekitar tahun 1882-1883.

Dikonversi oleh perusahaan pemegang saham dan dengan investor baru, perusahaan itu kembali bangkit dengan nama Hamburg-Amerikanische Uhrenfabrik” (Hamburg-American clock factory / HAC). “Hamburg” muncul pada nama perusahaan karena investor berasal dari Hamburg, sedangkan “Amerikanische” terhubung ke mesin jam yang dibuat dengan metode produksi “baru” ala Amerika. Selain mengubah nama perusahaan, HAC juga mendaftarkan logo perusahaan “Pfeilkreuz” (Crossed Arrows) atau logo panah menyilang di tahun 1891. Logo panah menyilang inilah yang dikenal sampai sekarang dan tertera di mesin jam HAC.

Persaingan sengit, terutama dengan Junghans terus berlanjut tapi HAC berhasil berkembang, bahkan sampai harus membangun distrik yang diperuntukan rumah para pekerjanya.

Pada pertengahan 1920-an, HAC dan Junghans (dan Gustav Becker) dipaksa untuk bekerja sama karena penurunan angka penjualan dan krisis ekonomi – Junghans memperoleh pengaruh dengan melakukannya dan oleh karena itu di tahun 1930 Junghans mampu mengambil alih kedua perusahaan sepenuhnya.

Banyak dari pabrik HAC lama termasuk semua arsip mereka, hancur akibat banjir pada tahun 1959.

Ini, tentu saja, hanya sejarah singkat perusahaan. Secara umum mesin jam HAC, tidak dapat diketahui berasal dari tanggal atau tahun berapa hanya melalui nomor atau kode penanggalan seri sebelum diambil alih oleh Junghans. Beberapa mesin jam memakai kedua logo yakni panah menyilang HAC dan bintang Junghans.

(Berbagai Sumber).

Oldchimes

Jam antik Oldchimes C0116 merupakan salah satu jam yang dibuat oleh HAC sekitar tahun 1910. Kotak jam antik ini berbahan kayu Walnut Veneer dan telah direstorasi. Muka pada jam dan besi pada pinggirannya telah diganti dengan yang baru karena kondisinya tidak dapat di restorasi. Namun penggantinya memiliki karakteristik yang sama dengan aslinya. Jam ini memiliki penggerak (mesin) asli delapan hari dan berdentang setiap setengah dan satu jam dengan menggunakan gong (obat nyamuk).

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus