Maurice Favre Bulle

Apakah Jam Listrik Bulle itu?

Bulle Electric Clocks atau Jam Listrik Bulle dikembangkan pertama kali di Perancis, yakni tepat sebelum Perang Besar (The Great War) dari tahun 1914 sampai dengan tahun 1918. Pada awal abad ke-20 ada banyak aktivitas kesepakatan ekonomi di seluruh Eropa, Inggris dan Amerika Serikat dalam mengembangkan jam domestik yang akan beroperasi menggunakan daya baterai.

Pada awalnya dua orang Prancis bekerja secara independen pada aspek solenoida listrik dan mekanisme jam untuk menciptakan jam Bulle. Kedua orang itu adalah Marcel Andre-Moulin dan Maurice Favre-Bulle.

Profesor Marcel Andre-Moulin memperoleh gelar Ilmu Pengetahuan (Science) pada tahun 1904 dan gelar Doktor dalam Ilmu Pengetahuan pada tahun 1910. Ia menjadi dosen di Chronometry di Fakultas Ilmu Bensancon dan kemudian diberi jabatan sebagai Direktur. Pada tahun 1912 Andre-Moulin telah mengembangkan sistem menggunakan solenoid dengan 3 tiang tungsten magnet yang pada tahun 1914 ia gunakan untuk membangun jam listrik.

Maurice Favre-Bulle lahir di Bensancon, Perancis dari keluarga pembuat jam. Ia belajar di Ecole d’Horolgerie l’de Bensancon dari tahun 1885 sampai dengan tahun 1888, sebelum memutuskan bergabung dengan saudaranya mengambil alih dan menjalankan pabrik jam keluarga Favre-Heinrich. Selama Perang Besar (The Great War), Favre-Bulle bekerja di laboratorium rekayasa Fakultas Ilmu Paris, mengembangkan timer militer, jam tangan, sistem dan telegrafi waktu.

Pada akhir perang, Favre-Bulle bergabung dengan Marius Lavet untuk membentuk La Societe Bulle et Cie, sebuah perusahaan yang mengembangkan prototipe jam listrik. Di tahun 1920, hak paten diambil alih oleh Favre-Bulle untuk jam listrik. Kemudian Compagnee Generale des Appareils Horo-Electrique didirikan untuk memulai produksi komersial dari Jam Listrik Bulle.

Selama periode tahun 1920 sampai dengan tahun 1952, produksi jam diperkirakan telah mencapai sekitar 300.000 jam. Semua menggunakan sistem kontak yang dituangkan dalam paten asli dan lebih dari 100 desain kasus yang berbeda dipergunakan.

Proses bertahun-tahun kemudian terus berkembang, walaupun mesin jam pada dasarnya tidak berubah meskipun bahan baru diperkenalkan, misalnya aluminium, bakelite dan krom. Produksi juga dimulai di Inggris pada tahun 1934 dan jam ini memiliki perbedaan dengan produk jam dari kota asalnya Perancis, hal tersebut untuk mengurangi faktor biaya produksi. Seperti menggunakan logam ringan gauge, pelat baja bukan kuningan, magnet setengah busur yang lebih kecil, dll.

Favre-Bulle wafat di bulan April 1945 pada usia 84 tahun. Produksi terhenti karena dia tidak memiliki keturunan dan pengendalian transistor jam elektrik tetap berlangsung hingga menyebabkan teknologi Bulle mubazir.

(Berbagai Sumber).

Oldchimes

Jam antik Oldchimes C0119 merupakan salah satu Jam Listrik Bulle yang dibuat oleh Maurice Favre-Bulle. Apabila melihat dari nomor seri yang tertera pada jam ini maka dapat dipastikan bahwa jam dibuat sekitar tahun 1930. Jam Listrik Bulle ini diproduksi dengan jumlah terbatas, sehingga membuatnya sangat langka dan layak dikoleksi. Kotak jam terbuat dari kayu Birch. Mesinnya telah direstorasi dengan sempurna, dan baterainya mampu bertahan selama 12 sampai 18 bulan.

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus