Frederic Japy

Siapakah Japy Freres?

Ada begitu banyak jam Japy Freres yang sampai sekarang masih beredar dikarenakan Frederic Japy (1749-1812). Frederic Japy adalah seorang pionir di bidang yang tidak hanya bidang jam namun juga bidang mesin pada umumnya.

Frederic Japy lahir pada tanggal 22 Mei 1749 di Beaucourt, sebuah desa kecil di Perancis. Dia adalah anak kedua dari dua belas bersaudara.

Kakek dari Frederic Japy yaitu Jacques Georges Frederic Japy adalah seseorang yang berprofesi sebagai pembuat jam di Montbeliard, Perancis. Pada usia 17 tahun, Frederic Japy menghabiskan dua tahun untuk bekerja di kantor ayahnya.

Besar di lingkungan yang berhubungan dengan jam, maka Frederic Japy selalu bekerja dan berusaha menghasilkan jam dengan berbagai bentuk serta ukuran yang berkualitas.

Pada tahun 1806, dia memberi kekuasaan bisnis kepada ketiga orang anak laki-lakinya dan itu menjadi cikal Japy Freres (Japy Brothers). Yang mana Japy Freres tidak hanya memproduksi jam namun juga mesin ketik, peralatan dapur, mesin perkantoran dan masih banyak lagi.

Sayangnya, ketiga anak Frederic Japy tidak memiliki semangat seperti ayah dan kakek mereka, pada awal tahun 1900an, banyak dari bisnis yang harus dijual ke pihak lain dan beberapa pabrik ditutup.

(Berbagai Sumber).

Oldchimes

Berikut merupakan beberapa jam antik Perancis yang dibuat oleh Japy Freres:

Jam antik Oldchimes C0107 ini dibuat di Perancis sekitar tahun 1860-1875 oleh Japy Freres. Memiliki hiasan patung perempuan yang menggambarkan manusia dalam industri, terlihat jelas pada ornamen palu, roda gigi, dan kereta uap yang pada masa itu dianggap sebagai teknologi tinggi. Penggeraknya berada di dalam sebuah tabung bulat yang digambarkan sebagai genderang. Jam berkualitas tinggi ini terbuat dari kuningan berlapis emas yang diletakkan di atas dasar kayu. Dasar kayu ini asli dari jam tersebut dan pada awalnya kemungkinan juga berlapis emas.


Jam antik Oldchimes C0112 ini dibuat di Perancis sekitar tahun 1880-1890 oleh Japy Freres. Kotak jam terbuat dari marmer hitam yang berasal dari Belgia dan terdapat marmer bercorak merah muda pada bagian depan. Pada pinggiran muka jam terdapat ornamen yang dilapis emas. Marmer yang terdapat pada jam ini dalam kondisi baik dan telah dipoles ulang. Jam ini berdentang setiap setengah dan satu jam sekali menggunakan bel.


Jam antik Oldchimes C0114 ini dibuat Perancis sekitar tahun 1890-1900 oleh Japy Freres. Jam antik ini berukuran sedang dengan penggerak delapan hari. Kotak jamnya terbuat dari kayu Oak dan bagian atasnya terbuat dari Walnut Veneer. Kotak jam tersebut telah di restorasi menggunakan Shellac. Restorasi jam antik ini sesuai dengan warna dan corak asalnya untuk mempertahankan keasliannya. Sedangkan muka jamnya terbuat dari porselen, jam antik ini berdentang setiap setengah jam menggunakan gong (obat nyamuk).

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus