Jam Antik bukan saja sebagai benda seni tapi juga sebagai benda fungsi yang membutuhkan pemeliharaan agar bisa berfungsi dengan baik. Seluruh jam antik koleksi Oldchimes telah melalui proses penyempurnaan sehingga standar kualitasnya terjamin dan bertahan lebih lama. Walaupun demikian, pada akhirnya jam antik paling baik pun harus mengalami perbaikan karena umur ataupun faktor lain. Kerusakan parah bisa dihindari dengan cara memelihara jam antik dengan benar dan rutin.

Memutar Pegas


Memutar pegas pada jam antik harus dilakukan secara rutin dan jika mungkin bersamaan dengan waktu dimana jam antik tersebut di desain. Misalkan jam antik tersebut menggunakan penggerak 8 hari maka harus diputar setiap 8 hari. Memutarnya harus sesuai dengan kunci jam antik yang bersangkutan. Cara memutar pegas pada jam antik adalah dengan perlahan dan tidak terlalu cepat. Sebaiknya hitunglah jumlah putaran pada pegasnya untuk kemudian dijadikan sebagai acuan untuk memutar jam antik tersebut selanjutnya.

Setelan Jarum Jam


Jika ingin menyesuaikan posisi pada jarum jam maka putar jarum penunjuk menit (jarum panjang) searah dengan putaran jam (ke kanan). Jika jam dilengkapi dengan dentang maka hentikan putaran setiap kali jam berdentang (15 menit atau 30 menit atau 1 jam), setelah selesai berdentang lanjutkan putaran sesuai keinginan. Hindari memutar jarum penunjuk untuk jam (jarum pendek) karena akan merusak mekanisme jam antik. Jangan pernah memutar jam antik berlawanan arah, jika jam terlalu cepat maka hentikan putaran jam dan tunggu sampai waktu sesuai. Jangan memutar jarum panjang lebih dari 60 menit (satu putaran), jika ingin menyesuaikan waktu dengan jam maka disarankan dengan menunggu sampai waktu sesuai dengan jam, baru kemudian jalankan jam seperti biasa.

Dentang Jam


Beberapa jam antik dilengkapi dengan fitur dentang, yang berarti mengeluarkan suara setiap beberapa waktu tertentu. Dentang pada jam antik mungkin saja tidak singkron dengan setelannya. Ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya bisa karena menyetel jarum jam tidak sesuai dengan prosedur yang telah dianjurkan. Penyebab yang paling umum adalah karena pegas jam tidak diputar kembali sehingga jam berhenti. Walaupun jam antik bisa bekerja dengan tanpa memutar pegas untuk dentangnya (misalkan supaya jam tidak berbunyi), tetapi sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya karena dalam jangka panjang bisa merusak mekanisme jam.

Muka Jam


Beberapa tipe jam antik memiliki muka jam yang mudah terpengaruh oleh kelembaban dan kotoran sehingga merusak, maka dari itu usahakan jangan menyentuh muka jam untuk menghindari kotoran atau kerusakan pada muka jam.

Bandul Jam


Bandul pada jam antik berfungsi sebagai regulator yakni sebagai penentu cepat atau lambatnya jam berdetak. Cara menyetelnya adalah dengan menaikkan atau menurunkan pengatur bandul ke atas atau ke bawah. Banyak jam antik dari Perancis memiliki pengatur bandul pada muka jam dan biasanya disertakan kunci pemutar. Secara umum pengatur jam antik biasanya berupa sekrup pemutar yang berada di tengah kepala bandul, jika sekrup diputar ke kanan, maka kepala bandul akan bergerak ke atas yang berarti jam berjalan lebih tepat, sebaliknya jika sekrup diputer ke kiri maka kepala bandul akan bergerak ke bawah yang berarti jam berjalan lebih lambat. Pertama, yang harus diperhatikan saat pengaturan adalah untuk selalu melakukannya pada saat bandul tidak bergerak. Kedua, lakukan pengaturan secara halus, putar sekrup sepersepuluh putaran saja dan kemudian amati selama 3 hari apakah jam sudah berjalan sesuai. (Jangan mengharapkan akurasi jam digital pada koleksi jam antik).

Bandul pada jam antik tidak bisa berjalan sendiri, dan cara memutarnya adalah dengan menggerakkan bandul satu sentimeter ke kanan atau ke kiri, kemudian lepaskan. Jika jam berdetak maka jam telah berjalan, jika belum terdengar detak jam maka gerakkan bandul agak lebih jauh. Jangan menggerakkan bandul jam terlalu jauh karena dapat merusak mekanisme jam.

Balance Wheel Pada Anniversary Clock


Jam antik yang memiliki bandul yang berbentuk roda atau disebut “balance wheel” memiliki mekanisme yang berbeda dengan jam bandul biasa yang berayun ke kiri dan ke kanan. Untuk mengatur jam dengan mekanisme ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli jam antik. Jika telah memiliki kemampuan untuk mengatur jam antik dengan tipe bandul seperti ini maka tidak sulit untuk melakukannya sendiri, yang diperlukan hanyalah sedikit sentuhan dan tangan yang stabil.

Pemeliharaan Pada Penggerak Jam Antik


Seperti juga mesin pada umumnya, jam antik juga memerlukan pemeliharaan dan perawatan. Pelumas pada jam antik harus diganti setidaknya setiap 3 sampai 5 tahun. Dan setelah 10 sampai 12 tahun, penggeraknya harus dibongkar dan dibersihkan. Pemeliharaan pada jam antik harus dilakukan oleh teknisi ahli untuk menghindari segala kemungkinan yang tidak diinginkan. Jangan menggunakan alat atau produk yang kurang berkualitas atau palsu untuk pemeliharaan jam antik.

Pemeliharaan Pada Kotak Jam Antik


Untuk alasan mekanik dan keamanan, jam dinding harus dipasang dengan baik di dinding. Selain itu juga untuk menghindari kecelakaan dan supaya jam bisa berfungsi dengan baik. Kotak jam antik terbuat dari bahan yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan perlakuan yang berbeda sesuai dengan karakteristiknya. Hindari kontak dengan sumber panas berbentuk apapun, termasuk sinar matahari langsung, atau api yang menyala. Kebanyakan kotak jam berbahan kayu menggunakan lapisan yang pernis yang bernama Shellac, pernis ini sangat peka terhadap air dan kelembaban. Dan jika rusak oleh air sangat sulit diperbaiki. Jangan pernah membersihkan dengan menggunakan kain basah, gunakan pembersih khusus untuk bahan Shellac.

Mematikan Jam


Jika jam harus dimatikan (misalkan karena akan bepergian untuk jangka waktu lama) maka dianjurkan untuk menghentikan putaran jam supaya terhindar dari kerusakan.

Oldchimes

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus