“Reparasi jam dan restorasi jam? Intinya jam di servis kan?”

Pertanyaan seperti itu memang seringkali muncul ketika membahas hal-hal seputar jam antik. Bagi sebagian orang, reparasi dan restorasi terdengar sama saja. Padahal dari pengertian suku katanya saja sudah berbeda. Reparasi sendiri berarti “memperbaiki yang rusak” sedangkan restorasi berarti “mengembalikan atau memulihkan kepada keadaan semula”.

Sebagai gambaran, jam antik Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan mungkin kondisi fisik jam ada yang sudah termakan usia. Jika jam tersebut Anda reparasi artinya hanya memperbaiki mesin yang rusak, bertujuan agar jam dapat berfungsi seperti sediakala. Akan berbeda jika jam tersebut di restorasi. Mengapa? Karena selain memperbaiki jam agar dapat berfungsi lagi, ketika tahapan restorasi berlangsung, seorang teknisi akan mengembalikan atau memulihkan kondisi jam antik pada keadaan semula.

Kondisi yang sering kami temui saat restorasi jam antik diantaranya seperti angka pada muka jam yang mulai pudar, cat yang mengelupas, warna kusam pada kuningan, bintik hitam, bandul bengkok, gigi pada mesin yang sudah aus, as bengkok, dan lain-lain.

Dengan demikian, restorasi memiliki nilai lebih bila dibandingkan reparasi. Seluruh jam antik Oldchimes telah melalui serangkaian proses restorasi profesional dengan teknisi jam yang paling ahli di bidangnya. Kami tidak hanya memperbaiki yang rusak, tetapi akan mengembalikan dan memulihkan jam antik Anda pada keadaan semula. Selain itu, kami memiliki alat pendukung yang berkualitas untuk menghasilkan restorasi jam antik terbaik dan memberikan garansi untuk setiap jam yang telah di restorasi.

Oldchimes

PROSES RESTORASI JAM ANTIK DI OLDCHIMES

Jam antik adalah benda fungsi yang memiliki nilai seni yang tinggi sehingga reparasi ataupun restorasinya membutuhkan ketelitian tinggi. Seluruh jam antik yang kami restorasi akan menjalani beberapa tahap yang bertujuan menjaga keutuhan nilai fungsi serta nilai seni dari jam tersebut. Adapun tahap–tahap restorasi jam antik yang kami lakukan adalah sebagai berikut:

  1.  Pemeriksaan awal yang bertujuan untuk menentukan kerusakan dan potensi masalah lainnya, proses ini dilakukan di tempat jam antik berada
  2.  Pemeriksaan lanjutan dan restorasi (proses ini dilakukan di workshop Oldchimes)
  3.  Memisahkan mesin jam dari kotaknya kemudian membongkar mesin secara keseluruhan
  4.  Memeriksa secara detail setiap komponen mesin untuk melihat apakah ada keausan atau kerusakan
  5.  Menentukan apakan komponen mesin yang rusak atau aus harus diganti (seluruh spare part akan di impor langsung dari Eropa atau Amerika Serikat)
  6.  Membersihkan seluruh komponen mesin dengan alat khusus yang disebut Ultrasonic Clock Cleaner
  7.  Memeriksa ulang komponen yang telah bersih untuk menentukan apakah ada kerusakan yang tadinya tertutupi kotoran, termasuk mata gigi yang bengkok, as, pivot dll
  8.  Memperbaiki gigi dan pivot
  9.  Memeriksa dudukan pivot pada plat mesin serta memasang bushing baru (jika diperlukan)
  10.  Membersihkan atau mengganti pegas (jika diperlukan)
  11.  Men-set ulang Escapement Wheel dan Anchor
  12.  Merakit ulang mesin jam
  13.  Menguji mekanisme dan melakukan penyesuaian jika diperlukan
  14.  Men-set bunyi dentang
  15.  Melumasi mesin dengan pelumas khusus jam antik dari Swiss
  16.  Memasang jam antik pada kotaknya kemudian melakukan tes tahap akhir dan menyesuaikan waktu

Untitled-1

Berikut merupakan beberapa jam antik yang telah di restorasi di Oldchimes.

 

Oldchimes

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus