Waktu selalu saja disebut-sebut sebagai suatu elemen kehidupan yang paling unik. Sebab, selain tidak dapat diputar balik, waktu juga menjadi sebuah penanda dalam perjalanan kehidupan. Jadi, jangan heran jika banyak orang di dunia ini yang sangat menghargai waktu. Untuk dapat menghargai waktu, tentunya seseorang harus selalu dapat mengetahui waktu. Itulah alasan dari pembuatan sebuah alat yang diberi nama jam tangan.

Jam tangan yang melingkar di pergelangan tangan memiliki tujuan utama untuk menunjukkan waktu. Namun, selain itu jam tangan juga memiliki fungsi dalam penampilan. Itulah sebabnya mengapa banyak produsen jam tangan terkenal di dunia seperti Rollex, Montblanc, Swiss Army, Tag Heuer, dan lain sebagainya yang mendesain jam tangan sedemikian rupa agar terlihat cantik dan artistik. Perubahan desain tersebut terjadi dari waktu ke waktu sehingga tidak jarang kita menemukan ada jam antik yang memiliki desain yang sangat atraktif. Itulah sebabnya mengapa ada banyak kolektor jam antik di dunia ini yang hobi mengoleksi jam antik dari berbagai produsen jam tangan dari waktu ke waktu.

Namun, seantik-antiknya jam tangan, ia tidak bisa disebut sebagai sebuah koleksi yang memiliki nilai artistik yang tinggi jika tidak bisa memenuhi fungsi utamanya, yaitu menunjukkan waktu. Oleh karena itu, jam antik selalu butuh perawatan, apalagi jika mengingat bahwa kebanyakan jam antik memiliki sistem kerja mekanik yang tidak membutuhkan baterai namun juga terbilang mudah rusak. Sebab, jika salah satu komponen dalam sebuah jam antik yang menggunakan sistem kerja mekanik rusak, maka jam antik tersebut akan berhenti berjalan. Akan tetapi, jangan anggap bahwa dengan dibiarkan terus menerus begitu saja jam antik tersebut akan selalu dalam kondisi sehat. Sebaliknya, jam antik yang tidak pernah dipakai akan melemah karena komponen-komponen di dalam jam antik tersebut terkena korosi serta debu. Oleh karena itu, selain perawatan berkala seperti pembersihan bagian-bagian jam antik tersebut, penggunaan jam antik secara berkala juga harus dilakukan agar kondisi jam antik tersebut selalu terjaga.

(Berbagai Sumber).

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus