Siapakah Winterhalder & Hofmeiner?

Winterhalder & Hofmeiner (W&H) adalah produsen jam paling terkenal pada era Victoria. Mereka berdomisi di beberapa kota di regional Black Forest, Jerman. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1810 oleh Thomas Winterhalder di Friedenweiler, Jerman dan dilanjutkan oleh ketiga anaknya yakni Matthaus, Karl dan Linus.

Keluarga Winterhalder sudah memulai bisnis jam ketika ayah Thomas Winterhalder yakni Nicholaus Winterhalder (1710-1743) berkarier sebagai pembuat jam handal di Schwarzenbach, Jerman. Beliau membuat jam berkualitas dari ornamen kayu dan batu.

Matthaus Winterhalder (1799-1863) mengambil alih perusahaan di tahun 1830, kemudian di tahun 1850 seorang relative yang juga pembuat jam bernama Anton Hofmeier bergabung ke dalam perusahaan, lahirlah Winterhalder & Hofmeiner (W&H). Menjelang paruh kedua abad ke delapan belas, Winterhalder & Hofmeier memproduksi berbagai jenis jam dengan kualitas tinggi di pabrik-pabrik di Friedenweiler, Neustadt dan Schwarzenbach.

Di puncak kesuksesannya pabrik jam mulai berdiri dimana-mana, kemudian di pertengahan dan akhir abad ke-19 mereka mulai memproduksi jam dengan kualitas premier. Seluruh keluarga terlibat langsung di industri ini. Hans Winterhalder menemukan perusahaan yang bernama HAWINA Clock Company dengan 800 pegawai yang dikhususkan untuk mengekspor jam ke Inggris, Rusia dan Amerika selama awal abad ke-20.

Hans kemudian berimigrasi ke Philadelphia guna membuka toko jam, tapi sayangnya gagal. Dengan jatuhnya pasar saham pada tahun 1933, perusahaan Winterhalder kehilangan semua aset mereka. Karena efek serangan rasial dan agama Nazi Jerman pada pertengahan 1930an, keluarga Winterhalder tidak dapat memperoleh kredit perbankan.

Pada tahun 1937, setelah bertahun-tahun membuat jam berkualitas, bahkan bisa dibilang yang terbaik di Jerman, demi kebaikan bersama, perusahaan menutup pintu untuk selamanya.

(Berbagai Sumber).

Oldchimes

Jam antik Oldchimes C0103 merupakan salah satu jam yang dibuat oleh Winterhalder & Hofmeiner (W&H) sekitar tahun 1880an. Kotaknya terbuat dari kayu Oak dan pada permukaan samping bisa terlihat corak loreng pada kayunya yang biasa disebut corak Tiger Oak. Bagian depan jam ini dihiasi ornamen yang unik dari bahan perunggu yang dilapis emas. Sedangkan muka jamnya terbuat dari tembaga berlapis perak dengan angka yang terukir di atasnya dan tutupnya menggunakan kaca. Jam ini memiliki penggerak delapan hari.

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google Plus